• Jelajahi

    Copyright © Publikpos
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Malam Ramah Tamah Raker Komwil I APEKSI, Rudi Promosikan Pembangunan hingga Pariwisata Batam

    Selasa, 13 Juni 2023, Juni 13, 2023 WIB Last Updated 2023-06-14T05:41:37Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini


    Batam
    - Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mempromosikan Batam di hadapan peserta Rapat Kerja Komisariat Wilayah I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Raker Komwil I APEKSI) saat Malam Ramah Tamah di Marriot Hotel Harbour Bay, Selasa (13/6/2023) malam.

    "Selamat datang, di kota yang saat ini sedang kami bangun. Semoga, Raker Komwil 1 APEKSI nanti menghasilkan rekomendasi demi pembangunan daerah," ucap Rudi menyambut para tamu.

    Adapun, Raker Komwil 1 APEKSI ini diikuti 24 kota yang bersasar dari lima provinsi; Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau. Raker Komwil 1 APEKSI di Kota Batam ini yang berlangsung Selasa-Kamis (13-15/6/2023).

    Di kesempatan itu, Rudi memaparkan sejumlah pembangunan di Batam mulai dari Pelabuhan Batu Ampar, Bandara Hang Nadim Batam, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Batam, pembangunan jalan protokol hingga jalan kawasan industri dan permukiman.

    "Dengan gencar membangun, kami ingin menjadikan Batam maju dan bisa bersaing dengan negara tetangga," ujar Rudi.

    Rudi mengungkapkan, pembangunan yang sedang dan sudah dilakukan di Batam, sukses menarik investasi. Bahkan, ia mengungkapkan, dalam waktu dekat akan dilakukan penandatanganan kerja sama dengan salah satu perusahaan China dengan nilai Rp381 triliun.

    "Rencana MoU akan dilaksanakan 29 Juli dan akan dihadiri langsung oleh Presiden RI," ujarnya.

    Dengan banyaknya investasi masuk, ia berharap ekonomi Batam terus berputar dan akan memberi dampak pada kesejahteraan masyarakat.

    "Saya berpesan, para peserta, lihat peluang investasi di Batam. Setelah acara ini jangan langsung pulang, silakan berkeliling di Batam," ajak Rudi.

    Rudi pun mengungkapkan, bahwa Batam memiliki sejumlah keunikan dan keunggulan mulai dari kuliner hingga tempat wisata.

    "Kuliner Batam enak-enak. Seafood segar, silakan nanti nikmati. Banyak lagi yang bikin terkesan saat berada di Batam," katanya.

    Di kesempatan itu, Rudi juga menyapa semua wali kota yang berasal dari 24 daerah. Ia mengatakan, bahwa semua masyarakat di Batam berasal dari sejumlah daerah, termasuk dari daerah yang tergabung dalam Komwil 1 APEKSI.

    "Beragam suku dan agama ada di Batam. Masyarakat Batam berasal dari sejumlah daerah dan semua kami layani dan menikmati pembangunan Batam," ujarnya.

    Di akhir sambutan, Rudi berharap, dalam Raker Komwil 1 APEKSI ini menghasilkan rekomendasi terbaik. "Mari bersama-sama bergandengan tangan, bersinergi meningkatkan investasi hingga pengendalian inflasi," ujarnya.

    Rudi berharap, melalui kegiatan ini, dihasilkan kerja sama antardaerah dalam sektor investasi dan pengendalian inflasi.

    "Sebagaimana kita ketahui, bahwa dampak Pandemi Covid-19 yang sangat dirasakan antara lain terjadinya peningkatan inflasi dan tergerusnya tingkat pertumbuhan ekonomi, baik di daerah maupun nasional," ujar Rudi.

    Untuk itu, Rudi mengharapkan melalui Raker Komwil I APEKSI ini akan terjalin kesepakatan antar Pemerintah Daerah Kota Anggota Komwil I APEKSI guna bersinergi melaksanakan program pembangunan dengan membangun kerja sama yang saling memberikan manfaat terutama dalam pengendalian inflasi daerah dan meningkatkan investasi daerah.

    Berkenaan dengan hal tersebut, maka tema yang akan diusung dalam pelaksanaan Raker Komwil I APEKSI Tahun 2023 di Kota Batam adalah Bersinergi untuk Peningkatan Investasi dan Pengendalian Inflasi.

    "Guna mengimplementasikan hal tersebut, maka pada saat Raker Komwil I APEKSI Tahun 2023 nanti akan dilaksanakan penandatangan Kesepakatan Bersama antar Pemerintah Daerah Kota Anggota Komwil I APEKSI," ujarnya.

    Dengan adanya kesepakatan bersama ini, lanjut Rudi, diharapkan akan menjadi alternatif untuk meningkatkan ketahanan dan kekuatan pembangunan daerah dalam menghadapi perbaikan ekonomi berdasarkan atas potensi daerah, kondisi sosial, UMKM, investasi dan sumber daya daerah.

    Implementasi dari rencana kesepakatan bersama ini akan dibahas lebih dalam melalui Forum Bisnis yang melibatkan para pelaku usaha.

    "Untuk itu, kami mengharapkan Pemerintah Kota anggota Komwil I APEKSI dapat mengikutsertakan pihak Kadin dan/atau pelaku usahanya dalam acara forum bisnis di Kota Batam guna melihat peluang investasi masing-masing daerah yang dapat di kerjasamakan," kata Rudi.

    Ia pun tak lupa mengapresiasi kehadiran para peserta Raker Komwil 1 APEKSI. Ia mengajak semua masyarakat menyambut baik kegiatan ini demi kemajuan daerah.

    Sementara itu, Wakil Ketua Komwil 1 APEKSI, Rahma, mengapresiasi tuan rumah Batam. Usai mengenalkan para wali kota yang hadir, senada dengan Rudi, ia berharap akan ada hasil terbaik setelah Raker Komwil 1 APEKSI ini.

    "Semoga ada hasil yang terbaik untuk kita semua," kata dia.

    Ketua Dewan Pengurus Pusat APEKSI, Bima Arya, juga mengapresiasi Raker Komwil 1 di Batam yang dikemas dengan baik.

    "Terima kasih pak wali (Wali Kota Batam, Muhammad Rudi), acaranya keren dan makanannya enak," ucap Bima.

    Bima mengaku kaget melihat perubahan Batam. Ia mengingat, terakhir ia datang ke Batam pada 2018 silam. "Saat datang, saya kaget begitu keluar bandara langsung disambut Masjid Tanjak, jalan lebar dan luas. Ini sangat luar biasa, visioner airport dikembangkan, jalan dilebarkan," katanya.

    Wali Kota Bogor itu pun mengatakan bahwa APEKSI terdiri dari 6 Komwil. Dari seluruh acara itu ada levelnya, ada karakternya masing-masing; seremoni, promosi, inspirasi, hingga silaturahmi.

    "Kami terinspirasi saat datang ke Batam, jalan lebar luas, kami dapat sesuatu saat datang ke Batam. I love you Komwil 1," tutup Bima.

    Di kesempatan itu, Rudi memasangkan tanjak dan cendera mata kepada Bima Arya dan sejumlah pengurus APEKSI pusat maupun Komwil 1.

    Adapun, rangkaian kegiatan Raker Komwil 1 Apeksi di Batam ini akan dimulai Malam Ramah Tamah di Batam Marriot Hotel Harbour Bay pada 13 Juni 2023 pukul 19.00 WIB.

    Selanjutnya, Raker Komwil 1 Apeksi di Batam Marriot Hotel Harbour Bay pada 14 Juni 2023 pukul 08.00 WIB.

    Dalam Raker Komwil 1 Apeksi ini akan ada penandatanganan kesepakatan bersama 24 kota yang tergabung dalam Komwil I APEKSI.

    Selain itu, pada siang harinya, acara dilanjutkan Forum Bisnis dengan mendatangkan narasumber dari Nongsa Digital Park (NDP), Batam Aero Teknik (BAT), Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Harlas Buana dan melibatkan para pengusaha antara lain HKI, BSOA, Apindo, Batam S’pore Club, Batam Japan Club, Korea Business Club.

    Di lokasi lain, pada 14 Juni, juga digelar Ladies Program bertempat di SwissBell Hotel Batam pada pukul 08.00 WIB. Kegiatan ini akan dilakukan kunjungan Stand Dekranasda Batam di Area Balroom Swissbel Hotel Harbour Bay dan Joget Dangkong Bersama.

    Pada malam harinya, akan digelar Kenduri Seni Melayu di Lapangan Parkir Harbour Bay pukul 19.30 WIB.

    Rangkaian Raker Komwil 1 APEKSI ini akan ditutup dengan kegiatan Olahraga Bersama dan Penanaman Pohon pada 15 Juni 2023 di Dataran Engku Putri pukul 06.00 WIB.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    NamaLabel

    +